Senin, 20 Februari 2012

Tips Untuk Menjadi MC Yang Profesional

Assalamualaikum,,,
Pagi semua sahabat gunawan,,,, apa kabar nya nih...
Dah lama banged saya g da nge-post informasi buat sahabat semua,, dan pada kali ini postingan eko yakni membahas tentang “tips untuk Menjadi MC yg Profesional”.
Saya ada pengalaman tentang saya saat di tunjuk menjadi MC di suatu acara2,, karna pada saaat itu saya perdana diberikan tugas memandu acara tersebut,,karna ini perdana, saya sangat takut acara yang akan saya bawakan nanti jadi gagal dan berantakan,, nah ahirnya aku putuskan untuk mencari referensi buat jadi MC yg baik di mbah gugel,,dan akhirnya saya menemukan dan menerapkannya pada acara yang saya bawakan tersebut, dan walhasil acara yang saya pandu berjalan dan lancar n sukses,,,
Nah kali ini gak ada salahnya saya bagi bagi pengetahuan buat sahabat gunawan semua,,, kali aja sahabat gunawan ada juga yg baru di pilih untuk hadi MC atow sahabat gunawan yg sudah sering menjadi MC nah semoga info ini bisa memberikan tambahan ilmu buat sahabt gunawan semua,,,,

Dan langsung aja ya,,, apa saja yang sebaiknya di lakukan oleh MC, yakni :
1.      Murah senyum, 
2.      PD (percaya diri)
3.      Konsentrasi, 
4.      Menguasai urutan acara, bekerja sama dengan manager panggung [stage manager]
5.      Intonasi,
6.      Rajin membaca, tidak cukup hanya rajin menabung dan membantu orng tua, untuk meningkatkan kemampuan improvisasi
Dan ini menurut saya adalah hal yang paling penting dalam menjadi seorang MC. Mari kita bahas
Murah senyum
Senyum disini yang dimaksud bukan senyum yang murahan ya,,,dan jangan terlalu sering senyum (entar dikira kita gila,, hahahhaha). Senyum yang tulus akan membuat orang lain otomatis akan membuat hadirin tenteramdan kesannya agar lebih akrab. Dan rumus senyum yang tulus adalah 2-2-7, bibir ditarik 2 cm ke kanan, 2 cm ke kiri dan lakukan selama 7 detik  saja (jangan kelama’an entar kram,, haha)
Percaya Diri
Apapun yang terjadi selalulah tampil percaya diri, jujur dan jangan sekali-kali menggurui audience dengan sesuatu yang kita tidak yakin kebenarannya. Kita harus selalu bebaik sangkan dengan apaun akan kita hadapi dan tunjukan semua itu dengan penampilan yang penuh dengan energi yang positif. Sampaikan yang kita tahu dengan percaya diri dan penonton akan menghormati kita, memberi apresiasi pada kita dan tentu saja akan mendengarkan apa yang kita ucapkan.
Konsentrasi
Nah masalah konsentrasi ini lah yang paling sulit untuk kita laksanakan. Para penonton sangat peka sekali terhadap yang satu ini. Dan kalau pembicaraan kita sudah gaje (gak jelas gtu), gak fokus, ngelantur lan ngawur (bahasa Jerman,, haha), nah itu berarti konsentrasi kita lagi berantakan. Nah cara mengatasinya tarik nafas panjang dan sadarkan diri kita, bahwa konsentrasi sangat penting dipakai sebagai modal dasar untuk menjadi MC yang penuh improvisasi. Ingat thu….!!!
Menguasai Urutan Acara
Gak bisa kebayang,,, Apa jadinya kalau MC tidak menguasai susunan acara? Pasti akan ada “blank”, sebuah kekosongan di acara yang kita pandu. Disini peran Stage Manager sangat penting, karena dialah yang menghubungkan antara kesiapan acara dengan susunan acara yang ada. Saat suatu acara meemrlukan waktu persiapan untuk tampil, misal nyetel gitar dulu atau apapun, maka jangan biarkan panggung menjadi kosong, kecuali kalau persiapan acara itu memang bagian dari acara itu sendiri.
Intonasi
Nah intonasi juga sangat penting juga dalam menjadi seorang MC, dan sebaiknya dalam memandu acara kita menerapkan intonasi dan akulturasi yang tepat, dan sebaiknya penggunaan intonasi tidak rata gitu aja, setidaknya ada sebuah irama yang keluar dari pembicaraan kita, dan akulturasi juga sebaiknya setiap kata yang diucapkanharuslah jelas, dan benar, sehingga mudah dimengerti atau di pahami oleh penonton. 
Rajin Membaca
Akan sangat menarik bagi audience, kalau kita sanggup memberi komentar yang pas terhadap penampilan apapun yang ada di panggung. Hal ini hanya bisa dicapai kalau kita selalu memperkaya diri kita dengan bacaan yang beragam. Kita perlu tahu serba sedikit tentang sepakbola, dunia catwalk, obat-obatan, dll agar kita sanggup memberi komentar yang pas terhadap apa yang ada di hadapan audience.

Dan terakhir, gunawan mau ngucain selama menjadi MC yang Profesional…
AMIN….!!!

referensi sumber dari : http://eshape.wordpress.com

Tidak ada komentar: